Guru Agak Lega

Advertisement

Kurikulum pendidikan selalu berubah. Perubahan yang diharapkan adalah semakin meningkatnya mutu pendidikan Indonesia. Perubahan dari Kurikulum 2016 (KTSP) ke Kurikulum 2013 masih sangat dirasakan memberatkan para guru dalam melaksanakan ketugasannya. Adanya banyka masukan akan lebih-kurangnya Kurikulum 2013 akhirnya dilakukan evaluasi. Diharapkan dari evaluasi tersebut akan ada kurikulum yang siap saji dengan segala kenyamanan dalam pelaksanaannya.

Memasuki tahun pelajaran 2016/2017 ada kabar yang (agak) menggembirakan para guru. Standar penilaian yang selama ini dianggap memberatkan tugas guru saat ini ada titik terang. Sebagaimana yang disampaikan oleh Petinggi Kemendikbud beberapa waktu yang lalu, bahwa guru fokus menilai pada ranah kognitif dan psikomotorik. Sedangkan ranah afektif oleh guru agama dan PKn. Bukan berarti guru tidak boleh memberikan penilaian ranah afektif, tetap. Guru tetap menilai semua ranah. Hanay saj secara teknis nilai akhir dapat didiskusikan dengan guru agama dan PKn.

Dan guru harus tahu tentang perubahan mendasar pada kurikulum 2013 (terbaru ini). Semuanya dapat diunduh di www.kurikulumnasional.net.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *